Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran Ikatan Remaja
Masjid Silaturahmi (IKRAMS) sebagai komunikator dalam menyampaikan pesan
keagamaan kepada generasi muda di Kota Medan. Dalam era modernisasi dan
kemajuan teknologi informasi, penyampaian pesan keagamaan kepada remaja
membutuhkan pendekatan yang kreatif, komunikatif, dan sesuai dengan
karakteristik generasi muda, dengan menggunakan teori komunikasi Wilber
Schram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi
terhadap ketua, Pembina dan warga sekitar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
IKRAMS memiliki peran strategis dalam menyampaikan nilai-nilai Islam melalui
berbagai aktivitas keagamaan dan media komunikasi modern. sebagai penyampai
pesan keagamaan melalui pendekatan personal dan digital, sebagai fasilitator
kegiatan dakwah yang menarik bagi remaja, sebagai pembentuk komunitas remaja
Islam yang aktif dan progresif, serta sebagai teladan dalam kehidupan beragama.
IKRAMS mampu membangun komunikasi dakwah yang efektif dengan
memanfaatkan media sosial, gaya bahasa yang relevan, dan kegiatan yang bersifat
partisipatif. Temuan ini menunjukkan bahwa organisasi remaja masjid memiliki
potensi besar sebagai agen perubahan dalam pembinaan keagamaan generasi
muda.