dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode
Kristalisasi Bima Sakti Ilmu Pengetahuan Moral melalui media spinner dalam
pembelajaran moral anak usia dini di RA TI AL-MUSTHAFAWIYAH, Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus, yang melibatkan observasi di kelas, wawancara dengan guru, kepala
sekolah, serta orang tua, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran moral sebelumnya
kurang menarik perhatian anak, sehingga media spinner dirancang sebagai alat
bantu interaktif. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama 8 minggu, dengan
berbagai skenario moral yang berbeda setiap minggunya, seperti kejujuran,
empati, tanggung jawab, saling menghormati, berbagi, pengendalian emosi, sopan
santun, dan menepati janji. Aktivitas pembelajaran dilakukan melalui memutar
spinner, diskusi interaktif, dan permainan peran (role-playing) untuk membantu
anak memahami nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.
Dari hasil observasi dan wawancara, ditemukan bahwa penggunaan media
spinner meningkatkan keterlibatan dan pemahaman anak terhadap nilai-nilai
moral. Anak-anak menjadi lebih aktif dalam diskusi, lebih memahami
konsekuensi dari tindakan mereka, dan menunjukkan perubahan perilaku positif,
seperti lebih sering berbagi, berkata jujur, dan lebih sabar dalam berinteraksi
dengan teman. Dengan demikian, media spinner terbukti sebagai metode yang
efektif dalam meningkatkan pemahaman moral anak usia dini di RA TI AL
MUSTHAFAWIYAH. |
en_US |