Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Digital
Marketing dan E-commerce terhadap minat pembelian online pada pedagang
Muslim, dengan studi kasus di Toko Pakaian Gallery Khayra Boutique Tanjung
Morawa. Dalam era digital yang semakin berkembang, pemanfaatan teknologi
dalam pemasaran menjadi sangat penting, terutama bagi pelaku usaha kecil dan
menengah (UMKM) yang ingin meningkatkan daya saing mereka. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 60 responden yang
merupakan pelanggan toko. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Digital Marketing dan
E-commerce memiliki pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan
terhadap minat pembelian online. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi
pemasaran digital yang efektif dapat meningkatkan minat beli konsumen, serta
kemudahan akses E-commerce memberikan kontribusi positif terhadap keputusan
pembelian. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis dalam
mengembangkan strategi pemasaran yang relevan dan efektif di era digital