dc.description.abstract |
Label halal dan citra merek yang kuat sangat penting dalam mempengaruhi
keputusan pembelian produk seperti Arabian Stuff. Ini menunjukkan bahwa produsen
perlu memperhatikan kedua aspek ini untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan
produk mereka di kalangan konsumen Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh label halal dan citra merek terhadap keputusan pembelian
Arabian Stuff, dengan studi kasus pada konsumen Nara Arabian Store di Kota
Medan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei
melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen Nara Arabian Store kota Medan.
Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan
antara variabel bebas (label halal dan citra merek) dengan variabel terikat
(keputusan pembelian).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kuesioner yang telah
disebar, variabel label Halal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian Arabian Stuff dimana ini nilai thitung -0,407 < ttabel 1,98698 dengan nilai
signifikansi 0,685 > 0,05. Pada variabel citra merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian Arabian Stuff. Dengan nilai thitung 1,659 >
ttabel 1, 98698 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji F,
menunjukkan nilai Fhitung = 119,408 dan nilai signifikan (p-value) = 0.000 Jika
dibandingkan dengan nilai Ftabel = 3,10 (untuk N = 91 atau df = 89), dapat diketahui
bahwa Fhitung (119,408) > Ftabel (3,10) dengan menggunakan batas signifikan 0,000
< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa variabel label halal dan citra merek secara
simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Diketahui
hasil uji koefisien atau R2
yang diperoleh sebesar 0,729 mengindikasikan bahwa
72,9% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel
independen tersebut sedangkan sisanya 27,1% dipengaruhi atau jelaskan oleh faktor
lain |
en_US |