Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan bagaimana Implementasi Metode
Ummi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Khairu Ummah
Medan Johor, Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang berada dilapangan. Metode
penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan Data
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data
menerapkan model interaktif sebagaimana dikembangkan oleh miles, huberman dan
saldana. Untuk memastikan validitas data, digunakan metode triagulasi sumber serta
triagulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan dapat kesimpulan, bahwa implementasi
metode ummi terbukti mampu meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al Qur’an di SMP Khairu Ummah Medan Johor. Metode ini diterapkan melalui tujuh tahapan,
yakni pembukaan, apeersepsi atau murajaah, penanaman konsep, pemahaman konsep,
tadarus, evaluasi dan penutupan. Factor pendukung internal dalam penerapan metode ini
meliputi pengalaman santri yang sudah belajar membaca Al-Qur’an sebelumnya.
Sementara itu, factor eksternal yang mendukung mencakup penggunaan metode ini efektif,
peran guru, system bebasis mutu, dan keterlibatan wali santri dalam kegiatan monitoring.
Adapun hambatan internal yang dijumpai meliputi ketidakhadian siswa dalam kegiatan
pembelajaran serta minimnya guru.