DSpace Repository

Strategi Pengembangan Usaha Kebun Anggur Hidayah di Kelurahan Aek Paing Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu

Show simple item record

dc.contributor.author Ritonga, Riswina Amelia
dc.date.accessioned 2024-11-23T09:04:49Z
dc.date.available 2024-11-23T09:04:49Z
dc.date.issued 2024-10-05
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26527
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal usaha Kebun Anggur Hidayah dan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha Kebun Anggur Hidayah. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Aek Paing Kecamatan Ranta Utara Kabupaten Labuhanbatu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis matriks SWOT dan QSP. Hasil dari penelitian menunjukan faktor internal dan eksternal Strategi Pengembangan Usaha Kebun Anggur Hidayah di Kelurahan Aek Paing Kecamatan Rantau Utara yaitu kekuatan (strengths) kualitas buah baik, tersedianya bibit dan media tanam, lokasi kebun strategi dekat dengan pusat kota, tersedianya sarana dan prasarana serta lahan milik sendiri. Kelemahan (weakness) belum ada pengolahan lanjutan terhadap buah anggur, pemasaran buah anggur masih terfokus di kebun, kurangnya promosi dan sistem tanam yang masih satu waktu. Peluang (opportunities) dapat dijadikan sebagai lokasi pengembangan agrowisata, produksi yang masih dapat ditingkatkan, minat pengunjung untuk datang kembali dan belum ada usaha sejenis di daerah setempat. Ancaman (threats) perubahan iklim dan cuaca, serangan dan penyakit tanaman yang mempengarhi kualitas buah, munculnya pesaing dengan usaha sejenis, produksi pertanian yang mudah rusak dan menurunnya daya beli karena situasi ekonomi. Berdasarkan analisis SWOT yang mengacu pada matriks IFAS dan EFAS strategi yang dilakukan menggunakan strategi S-O (Strength-Opportunities) yaitu menyediakan berbagai jenis bibit dan media tanam serta memperluas lahan kebun guna meningkatkan produksi buah sehingga dapat memenuhi permintaan buah yang meningkat (S2 dan O2), memberikan edukasi mengenai jenis dan cara budidaya tanaman anggur guna menarik minat pengunjung untuk datang kembali meningkat (S2 dan O3), lokasi pengembangan usaha dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas buah, sarana serta prasarana agar menarik minat pengunjung untuk datang kembali (S1,S4 dan O3), lokasi kebun yang strategis dekat dengan pusat kota dapat dijadikan sebagai lokasi pengembangan agrowisata (S3 dan O1) dan dengan adanya lahan milik sendiri dapat dimanfaatkan untuk memperluas area kebun anggur sehingga dapat mengembangkan lokasi usaha sebagai agrowisata (S5 dan O1). Berdasarkan analisis matriks QSP, prioritas strategi terbaik yang dapat ditempuh pada usaha Kebun Anggur Hidayah dengan menyediakan berbagai jenis bibit dan media tanam serta memperluas lahan kebun guna meningkatkan produksi buah sehingga dapat memenuhi permintaan buah yang meningkat dengan nilai TAS (Total Attractiveness Score) 7,72. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kebun Anggur en_US
dc.subject IFAS en_US
dc.subject EFAS en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject QSP en_US
dc.title Strategi Pengembangan Usaha Kebun Anggur Hidayah di Kelurahan Aek Paing Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account