DSpace Repository

Strategi Pemasaran UMKM Kedai Kopi Di Kota Medan Pada Masa Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author YASMINE, RAISHA AULIA
dc.date.accessioned 2024-11-21T10:18:52Z
dc.date.available 2024-11-21T10:18:52Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26500
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran kedai kopi UMKM di Kota Medan dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 1 (satu) bulan. Bisnis kedai kopi yang mengalami penurunan penjualan hingga 30% akibat pembatasan sosial perlu mengembangkan strategi inovatif untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode purposive sampling, melibatkan seluruh populasi UMKM kedai kopi di Kota Medan, yakni sebanyak 20 pengusaha. Analisis data dilakukan dengan Matriks IFAS, EFAS, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan skor IFE sebesar 2,95 dan skor EFE sebesar 2,60, yang menempatkan UMKM kedai kopi pada kuadran I (growth). Strategi prioritas meliputi penyesuaian harga dan ketersediaan bahan baku (skor STAS 1,65), pemanfaatan lembaga permodalan (skor STAS 1,6), dan kerja sama dengan produsen serta pemasok (skor STAS 1,2). Strategi ini mengedepankan pemanfaatan kekuatan internal dan peluang eksternal untuk mendukung pertumbuhan usaha. Temuan ini menunjukkan pentingnya adaptasi strategi pemasaran bagi UMKM untuk tetap kompetitif selama masa krisis en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kedai Kopi en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.subject Strategi pemasaran en_US
dc.subject Pandemi COVID-19 en_US
dc.title Strategi Pemasaran UMKM Kedai Kopi Di Kota Medan Pada Masa Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account