Abstract:
Indonesia merupakan negara dengan sistem keuangan yang relatif
maju dan kompleks. Dalam beberapa tahun terakhir, sistem keuangan
Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan, dengan jumlah
bank yang aktif di Indonesia meningkat secara signifikan. Inklusi keuangan
adalah proses untuk memastikan akses terhadap produk danlayanan keuangan
yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat pada umumnya dan
kelompok. Teknologi keuangan, atau Financial Technology (FinTech), adalah
integrasi teknologi yang digunakan oleh perusahaan jasa keuangan untuk
meningkatkan fungsi, produk, dan layanan yang mereka tawarkan kepada
pelanggan mereka. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
masyarakat usia produktif yang melakukan pinjaman online di Indonesia.
Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah sampel acak
sederhana (simplerandom sampling ) dengan batasan 50 sample.Dengan
penentuan sampel Non- Probability Sampling yaitu teknik penentuan sampel
berdasarkan kebetulan. Berdasarkan data yang diperoleh dari situs resmi
Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada tahun 2018, terdapat 63 lembaga penyedia
pinjaman online yang beroperasi di Indonesia. Berdasarkan temuan penelitian
bahwa variabel Sosial Pengaruh Keluarga, Teman dan Tren Sosial memiliki
korelasi signifikan terhadap pola perilaku konsumen penduduk seperti
mahasiswa/pelajar dan pekerja yang melakukan Pinjaman online .