Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui strategi yang digunakan pelaku UMKM 
untuk membantu membangun brand image dan memperluas pangsa pasar, untuk 
mengetahui dampak dari media sosial dalam membangun citra merek (Brand 
image) dan memperluas pangsa pasar dan untuk mengetahui seberapa besar dampak 
dari memasarkan produk melalui media sosial Facebook dan Instagram dalam 
meningkatkan angka penjualan produk. Penelitian ini didasari karena adanya 
masalah covid-19 yang terjadi pada tahun 2019 dan mulai diberlakukannya 
lockdown dan para pebisnis banyak yang beralih dari berjualan secara langsung 
menjadi berjualan secara online, dan kurangnya pemahaman dari pelaku UMKM 
mengenai dampak dari digital marketing yang digunakan. Teknik pengumpulan 
data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini 
menggunakan metode kualitatif dengan pengamatan yang mendalam terhadap 
dampak yang didapatkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digital marketing 
sangat efisien digunakan untuk membantu pelaku UMKM Desa Perkebunan Teluk 
Panji membangun brand image dan memperluas pangsa pasar. Dari dampak yang 
didapatkan para pelaku UMKM memutuskan untuk tetap memanfaatkan digital 
marketing untuk jangka panjang, dan membantu pelaku UMKM baru yang minim 
modal untuk tetap membuka usaha secara online