dc.description.abstract |
Pola komunikasi merupakan struktur yang cenderung tetap berdasarkan
kebiasaan suatu kelompok dalam berinteraksi, bertukar informasi, pikiran
maupun pesan lainnya yang digambarkan dalam pola sederhana yang
sistematis. Penelitian ini ialah untuk mengetahui pola komunikasi guru melalui
lagu dalam meningkatkan semangat belajar siswa di UPT. SD Negeri 07
Brohol. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana pola komunikasi guru melalui lagu di UPT. SD Negeri 07
Brohol.dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Dalam penelitian ini
penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data dan teknik analisis data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penrlitian menunjukkan bahwa terdapat
tiga polak komunikasi yang digunakan guru melalui pembelajaran lagu yaitu
pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah dan pola komunikasi
multi arah. Pola komunikasi satu arah terjadi secara langsung yaitu sebelum
pembelajaran berlangsung dimana guru menjelaskan materi terlebih dahulu
sebelum memulai pembelajaran melalui lagu. komunikasi dua arah dengan
melibatkan siswa secara aktif dalam menyanyikan lagu dan mengikuti gerakan
tubuh sederhana yang telah dipraktikkan guru di depan kelas. pola komunikasi
multi arah terjadi melalui sesi tanya jawab, Latihan/quiz dan evaluasi
pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. |
en_US |