DSpace Repository

POLA KOMUNIKASI GURU MELALUI LAGU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI UPT. SD NEGERI 07 BROHOL

Show simple item record

dc.contributor.author SUWITA, DIFHANY
dc.date.accessioned 2024-09-30T00:58:00Z
dc.date.available 2024-09-30T00:58:00Z
dc.date.issued 2024-08-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25233
dc.description.abstract Pola komunikasi merupakan struktur yang cenderung tetap berdasarkan kebiasaan suatu kelompok dalam berinteraksi, bertukar informasi, pikiran maupun pesan lainnya yang digambarkan dalam pola sederhana yang sistematis. Penelitian ini ialah untuk mengetahui pola komunikasi guru melalui lagu dalam meningkatkan semangat belajar siswa di UPT. SD Negeri 07 Brohol. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru melalui lagu di UPT. SD Negeri 07 Brohol.dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penrlitian menunjukkan bahwa terdapat tiga polak komunikasi yang digunakan guru melalui pembelajaran lagu yaitu pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah dan pola komunikasi multi arah. Pola komunikasi satu arah terjadi secara langsung yaitu sebelum pembelajaran berlangsung dimana guru menjelaskan materi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran melalui lagu. komunikasi dua arah dengan melibatkan siswa secara aktif dalam menyanyikan lagu dan mengikuti gerakan tubuh sederhana yang telah dipraktikkan guru di depan kelas. pola komunikasi multi arah terjadi melalui sesi tanya jawab, Latihan/quiz dan evaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. en_US
dc.subject pola komunukasi en_US
dc.subject pendidikan en_US
dc.subject metode lagu en_US
dc.subject semangat belajar en_US
dc.title POLA KOMUNIKASI GURU MELALUI LAGU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI UPT. SD NEGERI 07 BROHOL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account