dc.description.abstract |
Di indonesia, kualitas pendidikan bergantung pada keterampilan guru dan alat
bantu yang digunakan. Di dunia pendidikan sekarang ada banyak sekali media
pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Proses
pembelajaran di sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam
membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan. Salah satu yang faktor utama
yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran adalah minat belajar belajar siswa.
Dengan memanfaatkan papan styrofoam, guru dapat menyajikan materi dengan
cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Rumusan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pemanfaatan papan styrofoam
dalam menarik minat siswa SD Islam Al Ulum Islam Terpadu Medan. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan papan styrofoam efektif dalam
meningkatkan interaksi antara siswa, diskusi kelompok dan terbukti menjadi alat
pembelajaran yang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penggunaan
media belajar styrofoam menambah variasi dalam pembelajaran yang sebelumnya
monoton, sehingga para siswa lebih tertarik, aktif dan termotivasi. Media ini
membantu siswa memahami materi dengan baik dan menciptakan suasana kelas
yang lebih hidup dan efektif. Secara keseluruan hasil penelitian ini menunjukan
bahwa penggunaan media Styrofoam dalam pembelajaran efektif dan
meningkatkan ketertarikan, keterlibatan dan fokus siswa. |
en_US |