Abstract:
Penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran PT Alfa Golden Powerindo
dalam mensosialisasikan motor listrik merk smoot di Kota Medan dengan tujuan
untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh
PT Alfa Golden Powerindo dalam bersosialisasi. Kendaraan listrik adalah solusi
yang sangat baik untuk menjaga lingkungan dalam mengurangi penggunaan energi
berbahan bakar bensin yang ramah lingkungan, kendaraan listrik dapat di
katagorikan kendaraan hemat energi. Perkenalan motor listrik dapat dilakukan
kepada masyarakat melalui sosialisasi, tipe sosialisasi ada dua yaitu sosialisasi
formal dan sosialisasi informal yang terjadi dalam masyarakat. Metode penelitian
yang digunakan merupakan metode kualitatif yang hasil datanya tidak diperoleh
melalui prosedur statistik atau dalam bentuk hitungan lainnya yang mengarah pada
analisis data non-matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data adalah teknik yang di dasarkan atas kemampuan nalar peneliti dalam
menginterpretasikan informasi atau data. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu
strategi komunikai pemasaran yang dilakukan oleh PT Alfa Golden Powerindo
dengan cara melakukan sosialisasi tatap muka (luring) atau melakukan sosialisasi
dengan cara online (daring) seperti membuat konten edukasi motor listrik,
perkenalan motor listrik, dan berkerjasama instansi pemerintah maupun swasta agar
masyarakat dapat mengenal motor listrik dan melanjutan program dari pemerintah
yang ramah lingkungan.