DSpace Repository

PENGARUH AKSES PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS MEDAN AREA SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.author IZZAHDINILLAH
dc.date.accessioned 2024-09-02T04:12:37Z
dc.date.available 2024-09-02T04:12:37Z
dc.date.issued 2024-08-09
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24945
dc.description.abstract Pendahuluan: Hipertensi dikenal sebagai silent disease. Kepatuhan pasien dengan hipertensi sangat penting karena hipertensi harus selalu dikontrol. Akses ke layanan kesehatan adalah salah satu alasan ketidakpatuhan ini. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara akses pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepatuhan minum obat pasien hipertensi di Puskesmas Medan Area Selatan. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik deskriptif dengan desain cross-sectional. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 98 pasien Hipertensi Puskesmas Medan Area Selatan yang memenuhi kriteria inklusi dan eklsusi. Pengambilan sampel didasarkan pada purposive sampling dan dilakukan dengan Uji Chisquare. Hasil: Hasil Uji Chisquare diperoleh nilai p value = 0,001 (p<0,05) yang berarti bahwa akses pelayanan kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkat kepatuhan minum obat pasien Hipertensi Puskesmas Medan Area Selatan. Kesimpulan: Akses pelayanan kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkat kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi yang mana semakin mudah mengakses layanan kesehatan, maka pasien akan semakin patuh untuk mengonsumsi obat. en_US
dc.subject Akses Layanan Kesehatan en_US
dc.subject Kepatuhan Konsumsi Obat en_US
dc.title PENGARUH AKSES PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS MEDAN AREA SELATAN en_US
dc.title.alternative IZZAHDINILLAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account