DSpace Repository

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALEG PEREMPUAN PARTAI NASDEM DAERAH PEMILIHAN VI DPRD DELI SERDANG PADA PEMILU 2024

Show simple item record

dc.contributor.author NUR AZIZAH, MATONDANG
dc.date.accessioned 2024-07-15T04:24:36Z
dc.date.available 2024-07-15T04:24:36Z
dc.date.issued 2024-05-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24847
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang digunakan oleh calon anggota legislatif Perempuan dari partai Nasdem di daerah pemilihan VI Kabupaten Deli Serdang pada pemilu 2024. Untuk menjawab rumusan masalah Bagaimana strategi komunikasi politik yang digunakan caleg perempuan dalam kampanye politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan Teknik wawancara kepada informan, yaitu caleg perempuan. Adapun hasil penelitian strategi yang digunakan melalui program Adminduk, pengobatan katarak gratis, sunat massal untuk anak yang berlibur sekolah, dan pembagian masker gratis, mengungkapkan sejumlah unsurunsur komunikasi politik caleg perempuan dalam memperoleh dukungan publik. Pertama, caleg perempuan bersama dengan timnya bertindak sebagai komunikator yang menyampaikan pesan politik selama berlangsungnya kampanye pemilihan umum tahun 2024. Kedua, pesan politik yang disampaikan berhubungan dengan peningkatan kesetaraan gender di dalam dunia politik juga berfokus dalam komunitas perempuan seperti ibu-ibu rumah tangga dan pengajian dalam program kesehatan, dan sosial. Ketiga, media dan saluran yang digunakan, selain komunikasi personal dan juga kelompok kampanye politik menggunakan media berbasis online seperti facebook, Instagram, tik tok. Media yang digunakan terbilang cukup luas dengan penggunaan berbagai sosial media untuk mengkampanyekan pesan politiknya. Keempat, target dan sasaran lebih mendominan kepada perempuan, caleg juga memasarkan kampanye politiknya di saluran media yang dapat dicakup banyak orang seperti pelajar dan orang-orang pada umumnya. Kelima, umpan balik yang diharapkan oleh caleg perempuan setelah melakukan kampanye didalam masyarakat adalah dukungan melalui hak suara dan tanggapan aktif terhadap inisiatif yang telah diperkenalkan. en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Komunikasi Politik en_US
dc.subject Caleg Perempuan en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Kampanye Politik en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALEG PEREMPUAN PARTAI NASDEM DAERAH PEMILIHAN VI DPRD DELI SERDANG PADA PEMILU 2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account