Abstract:
Penelitian latar belakang ini dari permasalahan yang muncul dihadapi oleh siswa
SMA Swasta Kartika I-2 terlihat bahwa munculnya komplikasi ketika orang tua
gagal membangun suasana yang kondusif dalam dinamika keluarga, yang
mengakibatkan seringnya konflik antara orangtua dan siswa. Selain itu
permasalahan lain seperti ketidakpedulian orangtua terhadap akademik
pembelajaran siswa yang mengakibatkan penurunan prestasi akademik siswa.
Dampak dari penurunan prestasi tersebut menimbulkan kerenggangan hubungan
orangtua dengan siswa dikarenakan seringnya terjadi konflik. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang peran komunikasi
equality pattern dalam meningkatkan hubungan interaksi pada siswa SMA Swasta
Kartika I-2 Medan dan memberikan gambaran tentang dampak penurunan prestasi
pembelajaran siswa SMA Swasta Kartika I-2 Medan. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif bersifat deskriptif, yang bertujuan untuk memdeskripsikan
realitas sosial terkait peran komunikasi equality pattern dalam meningkatkan
hubungan interaksi pada siswa dan dampak penurunan prestasi pembelajaran
siswa SMA Swasta Kartika I-2 Medan. Pemilihan narasumber dalam penelitian
ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu orang tua siswa dan guru SMA
Swasta Kartika I-2 Medan yang mengetahui tentang komunikasi equality pattern
dalam meningkatkan hubungan interaksi siswa. Hasil penelitian ini adalah teori
yang dikemukakan oleh Johari Window dengan konsep keterbukaan telah
diterapkan oleh orangtua pada siswa dan guru di SMA Swasta Kartika I-2 Medan.