Abstract:
Presentasi di depan kelas merupakan salah metode pembelajaran yang digunakan
agar siswa paham dan mengerti mengenai materi yang dipelajari. Namun, tidak
sedikit siswa yang mengalami Panic Attack atau serangan panik saat dalam proses
presentasi di depan kelas. Panic Attack adalah kondisi kecemasan yang sangat
parah yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Panic Attack dapat
terjadi pada siapa saja, termasuk siswa saat melakukan presentasi di depan kelas.
Presentasi di depan kelas dapat menjadi momok bagi sebagian siswa, terutama
bagi mereka yang memiliki masalah kecemasan atau kurang percaya diri. Panic
Attack dapat mempengaruhi emosional dan kondisi mental siswa, sehingga dapat
memperhambat proses pembelajaran dan perkembangan pribadi mereka. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi Panic Attack pada
siswa saat presentasi di depan kelas MAN 2 Model Medan. Metode penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian
menggunakan tahapan, reduksi data, data display dan kesimpulan/verifikasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mengatasi panic attack pada
siswa saat presentasi sangat baik dan efektif