dc.description.abstract |
Sampoerna Retail Community (SRC) didirikan oleh PT HM Sampoerna Tbk. sebagai
tanggapan atas meningkatnya persaingan ritel di Indonesia serta hilangnya semakin banyak
bisnis ritel konvensional dan kios-kios kecil. Usaha kecil dan menengah (UKM) di sektor
ritel didorong untuk berkembang sebagai bisnis mandiri berkualitas tinggi melalui program
tanggung jawab sosial perusahaan "Sampoerna Untuk Indonesia", yang dijalankan dalam
kemitraan dengan Yayasan Inotek. Toko ritel tradisional yang bekerja dengan SRC diberi
saran tentang manajemen toko, termasuk bantuan dengan rencana pemasaran,
pengembangan sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan layanan pelanggan.
Peneliti merumuskan masalah dari latar belakang masalah di atas agar memperjelas
permasalahan yang di bahas yaitu Bagaimana Manajemen komunikasi dalam
meningkatkan minat dealer pada program sampoerna retail community (SRC) di Losung
Batu, Padang Sidempuan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
Manajemeng komunikasi dari SRC dalam meningkatkan minat dealer di Losung Batu,
Padang Sidempuan. metode penelitian yang digunakan Peneliti menggunakan metode
penilitian deskriptif kualitatif sehingga dapat menghasilkan suatu data berupa keterangan
serta data yang dianalisis berbentuk deskriptif. Peneliti menggunakan 3 teknik
pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan dokumentasi.Peneliti juga
menggunakan tahapan analisis seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan agar semua hasil data yang terlebih dahulu dianalisis sesuai dengan kejadian
yang terjadi pada toko SRC di Losung batu, hasil penelitian menunjukkan bahwa
bagaimana pentingnya Manajemen komunikasi dalam meningkatkan minat dealer. Bahwa
Manejemen komunikasi dapat diaplikasikan melalui hubungan antara PT. Sampoerna
selaku pemilik program dari SRC (Sampoerna Retail Community) terhadap pemilik toko
retail SRC, memaksimalkan ketepatan waktu dalam bekerja, Melakukan personal branding secara langsung dengan menjaga kebersihan di setiap Toko SRC yang dapat mempengaruhi kelancaran usaha toko SRC, dan memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen. |
en_US |