Abstract:
Perkembangan UMKM di Indonesia sangat pesat. Perkembangan UMKM ini memberikan
dampak positif untuk menekan angka pengangguran di masyarakat. Apabila produk yang
dihasilkan oleh para pelaku UMKM ini dapat dijangkau dan di ekspor secara luar di penjuru
daerah, maka semakin meningkatkan perekonomian di Indonesia. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Semenjak adanya media
pemasaran online kini produk-produk yang dihasilkan dari UMKM di Desa Bagan Serdang
mendapatkan respon yang luar biasa dari konsumen. Bahkan UMKM Desa bagan ini mulai
mencoba produk-produk baru dan mengekspor keluar dari Deli Serdang Media sosial
berpengaruh dalam peningkatan ekonomi kreatif bagi UMKM. Dengan menggunakan
media sosial, maka produk-produk UMKM semakin banyak dikenal oleh masyarakat dan
membuat UMKM semakin berkembang. Apabila UMKM berkembang, maka
meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pengembangan pangan dan ekonomi kreatif