Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Proses demokrasi yang dilakukan di
Indonesia merupakan proses yang dilakukan secara bebas, jujur, dan adil yang
dilaksanakan 5 tahun sekali. Proses demokrasi tersebut yang disebut pemilihan
umum (pemilu) adalah bagian dari proses pemilihan untuk memilih perwakilan perwakilan yang ada di legislatif dan eksekutif. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan wawancara dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan
data. Hasil penelitian mengungkap pemahaman yang kuat tentang konsep pemilu
2024, peran masyarakat tentang pemilu 2024, strategi komunikasi yang melibatkan
edukasi dan pemahaman budaya pemilu, serta penekanan pada responsifitas
terhadap pertanyaan pemilu. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor
seperti. Peneliti menyimpulkan bahwa Pilihan Presiden akan menjadi keutamaan
dalam menentukan sikap pemilih. Ciri khas yang melekat dalam seriap calon
menjadi penguat dari profil yang mereka miliki. Penguatan profil dari calon
menurut penelitian ini sangat efektif jika dilakukan melalui media sosial ataupun
melalui media elektornik lainnya. Tetapi kembali lagi bahwa profil asli dari seorang
calon akan menentukan sikap pemilih dimana jika profil aslinya sesuai budaya dan
pola masyarakat pada saat itu maka baik pula profil yang akan terbentuk