Abstract:
Panti Asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah Komad II adalah salah satu panti asuhan
yang memiliki anak asuh yang cukup banyak dengan usia anak yang berbeda beda. Panti asuhan ini selalu berusaha untuk memberikan asuhan dan didikan
yang baik seluruh anak-anak yang ada di panti asuhan. Para penghuni panti
asuhan diisi oleh anak-anak dengan rentang usia 10-17 tahun. Salah satu bentuk
kegiatan dalam meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan metode ceramah.
Kegiatan ceramah ini sendiri merupakan wadah bagi anak-anak untuk melatih
kepercayaan diri, dan mengasah pengetahuan tentang Islam di Panti Asuhan Al Jam’iyatul Washliyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola
komunikasi interpersonal pengasuh dalam meningkatkan kepercayaan diri anak
asuh di Panti Asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah Komad II. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian pada penelitian
ini adalah pengasuh anak Panti Asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah Komad II. Hasil
penelitian menjelaskan bahwa pola komunikasi yang dilakukan pengasuh di Panti
Asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah Komad II dalam meningkatkan kepercayaan diri
anak-anak dilakukan dengan metode face to face yang terdiri dari beberapa
metode, seperti motode linier yakni dengan melakukan ceramah di setiap magrib
ataupun di waktu-waktu tertentu yang berisi tentang motivasi dan support kepada
anak-anak untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Kemudian pola
komunikasi lainnya dilakukan dengan metode interaktif, artinya pengasuh
mengajak anak-anak yang memiliki rasa percaya diri rendah ke sebuah ruangan
untuk saling sharing dan membuat small grup agar dapat memantau dan
memahami permasalahan anak-anak yang berkaitan dengan kepercayaan diri.