Abstract:
ILM yang di-create oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
diperbaharui oleh Divisi Parodi & Iklan Sevra Media dengan mengkolaborasikan
dengan iklan layanan masyarakat yang dibuat dengan menggunakan animasi game
Grand Theft Auto (yang selanjutnya disebut dengan GTA). ILM Kereta Api versi
GTA ini merupakan sebuah kampanye yang ingin menyadarkan para pengendara
mulai dari generasi Y, generasi X, generasi Z hingga generasi Alpha untuk mulai
tertib berlalu lintas terutama di perlintasan kereta api dikarenakan akibatnya akan
sangat mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain. rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: Bagaimana sign (tanda), object (objek), interpretant
(penafsiran) pada Iklan Layanan Masyarakat Kereta Api versi GTA akibat
menerobos perlintasan kereta api di YouTube?. Sedangkan tujuan penelitiannya
adalah untuk mengetahui sign (tanda), object (objek), interpretant (penafsiran)
pada Iklan Layanan Masyarakat Kereta Api versi GTA akibat menerobos
perlintasan kereta api di YouTube. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik
observasi dan teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui 3 tahapan, yakni:
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa a) Angkot yang menerobos palang pintu Kereta Api dengan
signifier (penanda) sebagai tindakan menerobos palang pintu Kereta Api yang
memiliki Signified (makna) berupa perilaku tidak patuh aturan dan
membahayakan keselamatan, tanda ini memiliki referent (acuan) berupa peristiwa
nyata yang sering terjadi di perlintasan kereta api; b) Kecelakaan Kereta Api
dengan signifier (penanda) sebagai gambar kecelakaan yang memiliki Signified
(makna) akibat fatal dari perilaku tidak patuh aturan, tanda ini memiliki referent
(makna) berupa akibat fatal dari perilaku tidak patuh aturan. peristiwa nyata yang
sering terjadi akibat kelalaian manusia di perlintasan Kereta Api. Kesimpulan
penelitian ini adalah sign, objek, dan interpretant pada Iklan Layanan Masyarakat
ini dapat mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan oleh peng-create kepada
masyarakat sebagai pengguna jalan di sekitar perlintasan kereta api