Abstract:
Remaja panti asuhan juga memiliki rasa atau tugas perkembangan yang sama
dengan remaja pada umumnya. Namun, sebagian besar remaja yang tinggal di
panti asuhan tidak mendapat pemenuhan akan kebutuhan dari pada remaja
tersebut dikarenakan tempat tinggalnya yaitu panti asuhan. Berdasarkan hal
tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan
komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan diri dan harga diri pada remaja
panti asuhan Al Washliyah. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja
perempuan dan laki laki panti asuhan yang berusia 11-18 tahun. Adapun jumlah
sampel dalam penelitian ini Remaja panti Asuhan Al Washliyah sebanyak 60
orang. Pengambilan sampel ini mengunakan teknik total sampling yang mencakup
keseluruhan dari populasi yang diambil meliputi remaja Al Washliyah. Penelitian
dilakukan dengan mengumpulkan data untuk meneliti kebenaran demi suatu
tujuan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dirancang sebagai
penelitian assosiatif. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan
menyebarkan kuesioner pada responden sebagai instrument penelitiannya. Untuk
mendapatkan informasi, penelitian ini mengunakan angket dengan sejumlah
penyataan sehingga responden dapat memilih jawaban. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis statistik data tabel tunggal yang deskripsikan
dengan cara menggambarkan data yang telah terkumpul terkait efektivitas
pelatihan komunikasi interpesonal terhadap kepercayaan diri dan harga diri pada
remaja panti asuhan Al Washliyah sebagaimana adanya tanpa bermaksud
membuat kesimpulan yang berlaku umum. Secara umum penelitian ini
menunjukkan hasil yang cukup efektif dilihat dari hubungan antara efektivitas
pelatihan komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan diri dan harga diri pada
remaja panti asuhan Al Washliyah berjalan efektif dilihat dari tanggapan
kesetujuan tinggi dari responden terhadap kondisi dari variabel penelitian