Abstract:
Swimbath merupakan pemandian alam yang terletak di area kebun PTPN4
Emplasmen Laras, menawarkan pengalaman yang menyegarkan dan memikat
bagi pengunjung. Dengan suasana tenang dan damai, Swimbath memungkinkan
pengunjung untuk bersantai sambil menikmati panorama alam yang menakjubkan.
Tujuan penulisan ini untuk peneliti berupaya untuk memberikan gambaran
tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan
jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,
dengan fokus pada wawancara terbuka untuk memahami sikap, pandangan,
perasaan, dan perilaku individu atau kelompok terkait Swimbath. Informan utama
adalah pengurus dari wisata pemandian alam Swimbath di Kabupaten
Simalungun, Kecamatan Bandar Huluan, termasuk Ketua SPBUN Emplasmen
Laras, pengurus harian, dan beberapa masyarakat setempat yang terlibat dalam
pengelolaan Swimbath. Meskipun strategi promosi Swimbath belum mencakup
iklan konvensional, popularitasnya telah meningkat di Sumatra Utara, terutama di
Simalungun dan Kota Siantar. Pendekatan langsung kepada pengunjung, melalui
ii
pengenalan spot menarik dan tempat makan di dalamnya, serta memperluas
jangkauan melalui media sosial, menjadi strategi utama. Upaya untuk menjadikan
Swimbath sebagai destinasi ramah keluarga terus dilakukan, dengan fokus pada
keamanan dan menghindari praktik pungutan liar