Abstract:
Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Social Commerce Construct dan
Consumer Trust Terhadap Customer Satisfaction Melalui Purchase Intention Pada
Aplikasi Tiktok, baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data penelitian
ini menggunakan analisis statistik yakni partial least square – structural
equestion model (SEM – PLS). Teknik pengumpulan data menggunakan
kuisioner. Adapun hasil penelitian Social Commerce Construct berpengaruh
terhadap Customer satisfaction pada Aplikasi Tiktok. Social Commerce Construct
berpengaruh terhadap Purchase Intention pada Aplikasi Tiktok. Consumer Trust
tidak berpengaruh terhadap Customer satisfaction pada Aplikasi Tiktok.
Consumer Trust berpengaruh terhadap Purchase Intention pada Aplikasi Tiktok.
Purchase Intention berpengaruh terhadap Customer Satisfaction pada Aplikasi
Tiktok. Purchase Intention menjadi penghubung pengaruh Social Commerce
Construct terhadap Customer Satisfaction pada Aplikasi Tiktok. Purchase
Intention menjadi penghubung pengaruh Consumer Trust terhadap Customer
Satisfaction pada Aplikasi Tiktok.
Hasil pengujian R – Square diperoleh hasil bahwa model jalur yang
menggunakan variabel intervening adalah 0,841 dan 0,844. Dengan kata lain,
kemampuan variabel X yaitu Social Commerce Construct dan Consumer Trust
dalam menjelaskan variabel Z yaitu Purchase Intention adalah sebesar 84,1%
dengan demikian model tergolong substansial (kuat) dan kemampuan variabel X
yaitu Social Commerce Construct dan Consumer Trust dalam menjelaskan
variabel Y yaitu Customer Satisfaction adalah sebesar 84,4% dengan demikian
model tergolong substansial (kuat).