DSpace Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGADAIKAN BARANG DIPEGADAIAN SYARIAH CABANG AR HAKIM KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author VIONY, LORENZA
dc.date.accessioned 2024-06-13T04:15:43Z
dc.date.available 2024-06-13T04:15:43Z
dc.date.issued 2024-04-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23756
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah menggadaikan barang gadai (Rahn) di pegadaian syariah Cabang AR Hakim karena dilihat dari semakin meningkatnya nasabah yang melakukan transaksi gadai. Adapun faktor-faktor yang difokuskan terdiri dari faktor lokasi, faktor harga, faktor promosi, dan faktor aspek syariah. keempat faktor tersebut diperoleh dari teori dan riset yang dijadikan sebagai rujukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian metode survey dengan pendekatan kuantitatif, adalah penelitian yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada para nasabah yang dijadikan responden. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dari nasabah Cabang AR Hakim Kota Medan. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25 dengan teknik analisis data yang dipakai antara lain uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji kesesuaian model dan uji parsial, serta uji serentak. Dari hasil penelitian uji serentak menunjukkan bahwa faktor lokasi, faktor harga, faktor promosi dan faktor aspek syariah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai (rahn) Diketahui nilai signifikansi Faktor Lokasi, (X1) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah sebesar 0,003 < 0,05 dan thitung 7,563 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor lokasi berpengaruh dan signifikan. Diketahui nila signifkansi Faktor harga, (X2) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan thitung 5,692 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor harga berpengaruhdan signifikan. Diketahui nilai signifkansi Faktor promosi, (X3) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah 0,001 < 0,05 dan thitung 5,097 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor promosi berpengaruhdan signifikan. Diketahui nilai signifkansi Faktor alasan syariah, (X4) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan thitung 6,335 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor alasan syariah berpengaruh dan signifikan. en_US
dc.subject faktor lokasi en_US
dc.subject faktor harga, en_US
dc.subject faktor promosi en_US
dc.subject faktor aspek syariah en_US
dc.subject keputusan pembelian en_US
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGADAIKAN BARANG DIPEGADAIAN SYARIAH CABANG AR HAKIM KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account