Abstract:
Indonesia merupakan negara kesatuan yang sangat luas dan memiliki banyak
tempat yang masih tergolong terpencil namun menyimpan berjuta keindahan alam
yang sangat indah. Pemanfaatan media sosial yang berbasis koneksi internet
sebagai salah satu media komunikasi dalam pariwisata sekarang ini menjadi lebih
serta sangat fleksibel dan menguntungkan untuk semua pihak sebab penggunaan
media-media sosial seperti ini sudah dirasa lebih mudah digunakan dan diterapkan
serta memiliki jangkauan yang sangat luas karena tidak terbatas ruang dan waktu.
Selain itu, penggunaan media sosial pun dapat dikatakan hemat biaya untuk
mengkomunikasikan berbagai macam informasi mengenai tempat-tempat atau
situsitus pariwisata yang ada bahkan semakin berkembang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pemanfaatan media Instagram sebagai
media promosi ekowisata oleh Balai Taman Nasional Batang Gadis. Taman
Nasional Batang Gadis adalah salah satu tujuan ekowisata yang penting di
Indonesia, dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan keanekaragaman
hayati yang luar biasa. Namun, meskipun memiliki potensi yang besar, tantangan
dalam mempromosikan taman nasional ini kepada khalayak yang lebih luas masih
ada. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah Teori Harold Laswell.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis
data,mengolah dan menarik kesimpulan secara kualitatif deskripstif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Balai Taman Nasional Batang Gadis telah berhasil
memanfaatkan media Instagram sebagai alat promosi yang efektif. Akun
Instagram mereka telah berhasil menarik minat pengunjung potensial dengan
konten yang menarik dan informatif