Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan anggota
terhadap pelayanan yang diberikan pengurus Koperasi Perkasa Unit Begerpang
serta untuk menganalisis hubungan antara pelayanan dengan kepuasan anggota
Koperasi Perkasa Unit Begerpang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan
anggota terhadap pelayanan termasuk kategori baik. Dengan hasil tertinggi berada
pada indikator tangible (kenyataan), sedangkan hasil terendah berada pada
indikator reliability (keandalan) dan kepuasan termasuk kategori baik. Berdasarkan
hubungan antara pelayanan dengan kepuasan menghasilkan adanya hubungan yang
nyata antara pelayanan dengan kepuasan pada tingkat kepercayaan. Penelitian ini
untuk beberapa pihak yaitu, untuk pengururs Koperasi Perkasa Unit Begerpang agar
memepertahankan kinerja, pelayanan, memperhatikan keinginan anggota,
meningkatkan pelayanan dan kepercayaan anggota kepada Kopsa Mas. Untuk
anggota Koperasi Perkasa Unit Begerpang agar anggota selalu aktif dalam setiap
kegiatan Koperasi dan untuk Peneliti selanjutnya agar dapat meneliti variabel lain
untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap pelayanan.