Abstract:
Dibimbing oleh : bapak Prof. Dr. Ir. Mhd Buhari Sibuea, M.Si. selaku ketua
komisi pembimbing dan bapak Surnaherman, S. P., M. Si selaku anggota komisi
pembimbing. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karya Jadi Kecamatan Batang
Serangan Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui saluran pemasaran
usahatani semangka di Desa Karya Jadi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten
Langkat Provinsi Sumatera Utara. (2) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran
usahatani semangka di Desa Karya Jadi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten
Langkat Provinsi Sumatera Utara.
Penelitian ini menggunakan Metode studi kasus (case study), Yaitu
pengambilan sampel secara keseluruhan dari jumlah populasi yang ada. Maka
jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 14 petani semangka, 2
pengumpul dan 5 pengecer sehingga jumlah keseluruhan sampel penelitian ini
adalah 21 orang.
Hasil penelitian menunjukan Tingkat efisiensi pemasaran pada masing -
masing saluran pemasaran semangka di Desa Karya Jaya Kecamatan Batang
Serangan Kabupaten Langkat, yakni efisiensi pada Saluran Pemasaran I sebesar
7,57% dan Saluran II sebesar 22,8%.