DSpace Repository

PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH UPTD PPA WILAYAH XV ACEH SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.author NAZLIDA, NAYLA RAMADHIA
dc.date.accessioned 2023-11-28T01:24:22Z
dc.date.available 2023-11-28T01:24:22Z
dc.date.issued 2023-11-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23219
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aceh UPTD PPA Wilayah XV Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yang mengunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengambilam sampel menggunakan rumus slovin. Sampel yang diperoleh berjumlah 100 wajib pajak kendaraan bermotor yang membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aceh UPTD PPA Wilayah XV Aceh Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung kepada wajib pajak kendaraan bermotor yang membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aceh UPTD PPA Wilayah XV Aceh Selatan. Data dianalisis dengan uji kualitas data, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 29.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kesadaran wajib pajak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel (2,058 > 1,984) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,042 < 0,05). Kualitas pelayanan secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hal ini dikarenakan nilai thitung < ttabel (-1,316 < 1,984) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,191 > 0,05). Kemudian secara simultan, kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hal ini dikarenakan nilai fhitung > ftabel (3,472 > 3,09) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,035 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,306 yang menunjukkan bahwa pengaruh dari kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 30,6% dan sisanya 69,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti oleh peneliti. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Kesadaran Wajib Pajak en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.title PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH UPTD PPA WILAYAH XV ACEH SELATAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account