DSpace Repository

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author AZIZ, MUHAMMAD AZMI
dc.date.accessioned 2023-11-27T02:11:27Z
dc.date.available 2023-11-27T02:11:27Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23049
dc.description.abstract Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah. Kepala Sekolah harus mampu membuat peraturan, program kerja, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program tersebut. Kepala Sekolah juga wajib menciptakan suasana kerja yang kompetitif dengan memberikan reward sebagai motivasi kepada para guru dalam melaksanakan tugas mereka. Kepala Sekolah harus menjalankan tugas sesuai dengan visi, misi, motto dan tujuan pembelajaran yang sudah disepakati bersama. Kepala Sekolah harus menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi para guru, dengan komunikasi dua arah, tidak menciptakan jarak antara pimpinan dan bawahan, tetapi menganggap para guru adalah bagian dari mitra kerja yang memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas komunikasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, data yang diperoleh melalui pengumpulan data kemudian diinterpretasikan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan dan diperoleh melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 57 Medan sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 57 Medan dinilai cukup berhasil untuk meningkatkan kinerja guru dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 57 Medan mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan sistem kerjanya dan selalu mengedepankan kedisiplinan proses pembelajaran maupun kedisiplinan kehadiran dan melakukan monitoring serta evaluasi terhadap kebijakan, peraturan, dan program kerja yang telah dirancang sebelumnya. en_US
dc.subject Komunikasi Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru en_US
dc.title EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account