DSpace Repository

IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DI KALANGAN PEDAGANG PADA PASAR TRADISIONAL KOTA SERBELAWAN

Show simple item record

dc.contributor.author INSYRAH, ATHALA RANIA
dc.date.accessioned 2023-11-25T01:16:08Z
dc.date.available 2023-11-25T01:16:08Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22835
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etika bisnis islam di kalangan pedagang pada Pasar Tradisional Kota Serbelawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bersifat studi lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer yang dikumpulkan secara langsung melalui fenomena di area penelitian dan data sekunder yang dikumpulkan secara tidak langsung melalui literatur-literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada pada penelitian ini dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pedagang di pasar tradisional Kota Serbelawan menerapkan prinsip etika bisnis Islam seperti kejujuran, integritas, keadilan, dan tanggung jawab sosial. Kesamaan prinsipprinsip ini diterapkan oleh pedagang Muslim dan non-Muslim, meski ada perbedaan dalam pemahaman agama. Pentingnya meningkatkan pemahaman dan penerapan etika bisnis Islam di kalangan pedagang non-Muslim disoroti dengan usulan pelatihan dan seminar. Manfaatnya termasuk kepercayaan pelanggan, hubungan yang baik, dan memperkuat loyalitas. Implementasi etika bisnis Islam juga memberikan manfaat jangka panjang dalam hubungan dengan pelanggan dan masyarakat serta mendapatkan keberkahan. Namun, hambatan meliputi kurangnya pemahaman, persaingan ketat, keterbatasan sumber daya, pengawasan hukum yang kurang, dan kesulitan sertifikasi halal. Diperlukan upaya untuk memberikan pemahaman, pelatihan, dan dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Etika Bisnis Islam en_US
dc.subject Kalangan Pedagang en_US
dc.title IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DI KALANGAN PEDAGANG PADA PASAR TRADISIONAL KOTA SERBELAWAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account