DSpace Repository

STRATEGI PEMASARAN MULLBERRY DI DESA TONGKOH, KECAMATAN TIGA PANAH, KABUPATEN KARO

Show simple item record

dc.contributor.author NASUTION, VICKY RIZKHIKY ARIFIN
dc.date.accessioned 2023-11-23T12:37:29Z
dc.date.available 2023-11-23T12:37:29Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22683
dc.description.abstract Mullberry (Morus alba L) merupakan tanaman yang berasal dari Cina, tumbuh baik pada dataran tinggi maupun dataran rendah dan memerlukan sinar matahari yang cukup. Tanaman mullberry tersebar di seluruh dunia dan dapat bertahan pada berbagai kondisi iklim seperti iklim tropis, iklim sub tropis maupun iklim temperate sehingga murbei dapat dianggap sebagai tanaman universal karena kemampuannya tumbuh dimana saja pada berbagai iklim yang bervariasi. Tanaman mullberry umumnya dikaitkan dengan budidaya ulat sutera untuk produksi sutera dan hanya bagian daun yang dimanfaatkan untuk pakan ulat sutera. Tanaman mullberry juga dapat digunakan sebagai tanaman pagar dan penghijauan serta dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuat minuman yang menyehatkan Lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tongkoh, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Responden yang dipilih dalam penelitian 43 Petani Mullberry di Desa Tongkoh, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dari hasil – hasil matriks internal – eksternal yang diperoleh dari nilai total skor pembobotan pada strategi peningkatan diperoleh faktor internal bernilai -0.255 yang artinya nilai ini merupakan selisih antara kekuatan dan kelemahan. Dan untuk faktor eksternal bernilai 0.251 yang artinya nilai ini merupakan selisih antara peluang dan ancaman, dimana nilai ancaman sama dengan peluang. Dari diagram diperoleh Strategi Pemasaran Petani Mullberry di Desa Tongkoh, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara berada pada kuadran I (Strategi Agresif). Situasi memiliki arti bahwa Petani Mullberry di Desa Tongkoh, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara berada pada posisi yang sangat menguntungkan, para petani memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Fokus strategi yang harus diterapkan untuk para petani yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Mullberry en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN MULLBERRY DI DESA TONGKOH, KECAMATAN TIGA PANAH, KABUPATEN KARO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account