Abstract:
Program pemberdayaan remaja putus sekilah ini merupakan salah satu program dari
pemerintah dalam mengatasi permasalahan anak putus sekolah yang berasal dari keluarga
kurang mampu sehingga melalui program ini mereka mendapatkan hak-hak yang tidak anak
dapatkan dari keluarganya, seperti perhatian, kebutuhan pokok, pembelajaran secara
keterampilan dan bimbingan sosial, juga fasilitas kesehatan dan jaminan perlindungan.
Penelitian ini berfokus pada Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan
Keterampilan di UPT Pelayanan Sosial Anak dan Remaja Tanjung Morawa. Dengan tujan
untuk melihat bagaimana proses yang dilakukan dalam Pemberdayaan ini hingga hasil akhir
yang dicapai dalam program ini sehingga terwujudnya kemandirian serta kesejahteraan hidup
para penerima manfaat baik secara sosial maupun ekonomi. Penelitian ini menggunaka
metode penelitian Kualitatif Deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Teknik Pengumpulan data Primer dan sekunder seperti observasi serta wawancara.
Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data hingga penarikan
kesimpulan. kesimpulan bahwasanya Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melaui Pelatihan
Keterampilan di UPT Pelayanan Sosial Anak dan Remaja Tanjung Morawa bahwa melalui
program ini dapat mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki para penerima
manfaat yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi sebagai
bekal masa depan mereka terutama dalam meningkatkan kemandirian dan taraf hidupnya
nanti jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.