dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mebuktikan secara empiris pengaruh kualitas
layanan dan pemanfaatan teknologi terhadap kepuasan pelanggan PT. Gojek
dengan studi kasus mahasiswa semeter VIII Manajemen Bisnis Syariah FAI
UMSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 105 orang (pelanggan), penggunaan sampel dalam
penelitian ini adalah 51 responden. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian
ini adalah data primer yang di peroleh dengan menyebarkan Google Form kepada
responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji
asumsi klasis, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang di lakukan
dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil pengujian ini membuktikan
bahwa variabel kualitas layanan terhadap variabel kepuasan pelanggan secara
statistik pengujian ini membuktikan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan PT. GO-JEK dan nilai kualitas layanan berpengaruh
secara persial dan signifikan (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y), karena nilai
ttabel > thitung (4,021 > 2,010), yang artinya ada alasan kuat pada H1 diterima dan H0
ditolak. Hal ini diperkuat dengan nilai signifikansi (0.000 < 0.05). variabel
pemamnfaatan teknologi terhadap variabel kepuasan pelanggan tidak berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan pada PT. GO-JEK. Hasil penelitian menunjukkan
nilai pemamnfaatan teknologi tidak berpengaruh secara persial dan signifikan (X2)
terhadap kepuasan pelanggan (Y), karena nilai nilai ttabel < thitung (0,002 < 2,010),
yang artinya ada alasan kuat pada H2 ditolak. Secara simultan (uji F) yang
menunjukkan bahwa Nilai Fhitung > Ftabel diperoleh 8,148 > 3,190 artinya positif.
Sementara nilai p-value diperoleh pada kolom sig 0.000 < 0.05 artinya signifikan. |
en_US |