DSpace Repository

Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa PBS Dan MBS UMSU)

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Salsabila
dc.date.accessioned 2023-11-20T03:03:04Z
dc.date.available 2023-11-20T03:03:04Z
dc.date.issued 2023-09-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22196
dc.description.abstract Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah, Islamic Branding dan religiusitas terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan jasa perbankan syariah pada mahasiswa PBS dan MBS UMSU. Pendekatan penelitian pada skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dan data yang digunakan berupa jenis data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yaitu berjumlah 335 mahasiswa, dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 182 orang mahasiswa. Teknik analisis data dengan uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah pada mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, hal ini diketahui nilai thitung variabel literasi keuangan syariah sebesar 6.805 dibandingkan sebesar 1.65336 maka (6.805 > 1.65336), variabel Islamic Branding berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah pada mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, hal ini diketahui nilai thitung variabel Islamic Branding sebesar 4.116 dibandingkan ttabel sebesar 1.65336 maka (4.116 > 1.65336), variabel Religiusitas berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah pada mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, diketahui nilai thitung variabel religiusitas sebesar 7.316 dibandingkan sebesar 1.65336 maka (7.316 > 1.65336), variabel Literasi keuangan syariah, Islamic Branding dan religiusitas berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah pada mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, nilai Fhitung = 81.807 dibandingkan Ftabel sebesar 2,42 maka (81.807 > 2,42). Adapun nilai determinasi menunjukan pengaruh yang cukup tinggi pengaruh antar variabel independent ke variabel dependent hal ini ditunjukan dengan nilai R² pada table diatas bernilai 0,580 atau senilai 58% dimana sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di penelitian in en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Literasi Keuangan Syariah en_US
dc.subject Islamic Branding en_US
dc.subject Religiusitas en_US
dc.title Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa PBS Dan MBS UMSU) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account