Abstract:
Fenomena kurangnya ketelitian karyawan dalam menganalisis prosedur pemberian
kredit kepada nasabah menyebabkan terjadinya kredit macet di PT. PNM ULaM
Cabang Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian
internal pemberian kredit pada PT. PNM. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber
data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa sistem pengendalian internal pemberian kredit pada PT. PNM UlaM cabang
Medan dikatakan baik dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari masih terpenuhinya
unsur pengendalian internal COSO. Tetapi masih terdapat kelemahan yang terjadi
dalam pengendalian internal pada unsur aktifitas pengendalian dan penilaian resiko,
seperti masih lemahnya Account Officer dalam menganalisis kredit dan lalai dalam
memeriksa dokumen nasabah.