Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Ukuran Perusahaan dan
Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Food and
Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia selama Periode 2018-2022.
Penelitian ini ialah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
penelitian sebanyak 30 perusahaan, adapun teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian ini
berjumlah 6 perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
berupa dokumentasi dengan menggunakan data sekunder. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan
uji f) dan koefisien determinasi menggunakan aplikasi SPSS Versi 26. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwasanya secara parsial Ukuran Perusahaan dan
Profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan
terhadap Harga Saham, kemudian secara parsial profitabilitas yang diukur dengan
Return On Equity (ROE), Gross Profit Margin (GPM) dan Net Profit Margin (NPM)
tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Secara simultan Ukuran
Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Dari
perhitungan koefisien determinasi (R-Squere) menunjukkan sebesar 57,5% dari
Harga Saham dipengaruhi oleh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas.