DSpace Repository

PERAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DENGAN MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUKSI UMKM DESA PULAU TANJUNG KABUPATEN ASAHAN

Show simple item record

dc.contributor.author SARAH, OKTAVIANI
dc.date.accessioned 2023-10-12T07:52:55Z
dc.date.available 2023-10-12T07:52:55Z
dc.date.issued 2023-08-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21532
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran pemerintah daerah dalam mempromosikan hasil UMKM untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Pulau Tanjung. Hal ini dikarenakan UMKM dapat menyerap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. UMKM Tempe Lemet dan Kue Kipas merupakan salah satau rumah kreatif yang berada di Desa Pulau Tanjung dan adanya promosi yang dilakukan dalam media sosial Facebook membuat UMKM semakin dikenal baik oleh masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara terhadap sejumlah informan dan dokumentasi. Untuk analisis data memakai pendekatan kualitatif, dimana analisis data ini menggunakan metode wawancara dan observasi berupa menjawab pertanyaan berupa teks atau narasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 3 Orang yaitu Kepala Desa Pulau Tanjung, Pelaku Usaha UMKM Tempe Lemet dan Kue Kipas. Dari hasil penelitian ini yaitu peran pemerintah dalam mempromosikan produk UMKM sudah berjalan dengan baik. Peran pemerintah sudah menjalankan seoptimal mungkin sebagai fasilitator, regulator dan katalisator. Fasilitas dari pemerintah dalam penyediaan cetakan kue kipas, serta menyediakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui media sosial dan Mal aplikasi market place. Media sosial facebook cukup efektif dalam memasarkan produk namun masyarakat masih kurang update dalam menggunakan media sosial seperti cara foto produk, penulisan caption yang bisa menarik pembeli. Peningkatan penjualan yang terjadi bukan hanya dikarenakan promosi yang dilakukan melalui konten facebook, melainkan karena warga Desa Pulau Tanjung melalui komunikasi langsung dengan kualitas dari rasa produk, dan harga yang terjangkau. Hanya saja terkendala pada Sumber Daya Manusia yang berkurang serta memiliki skill yang rendah. en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Pemerintah en_US
dc.title PERAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DENGAN MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUKSI UMKM DESA PULAU TANJUNG KABUPATEN ASAHAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account