DSpace Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KEDAI KOPI SAN SAN DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN

Show simple item record

dc.contributor.author ERNANDA, GUNAWAN SYAHPUTRA
dc.date.accessioned 2023-09-22T02:47:43Z
dc.date.available 2023-09-22T02:47:43Z
dc.date.issued 2023-08-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21441
dc.description.abstract Komunikasi persuasif adalah proses penyampaian pesan kepada komunikan, yang tujuannya untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang lain, baik secara verbal maupun nonverbal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang di terapkan kedai kopi sansan dalam menarik minat pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yakni suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum dari berbagai data lapangan yang dikumpulkan secara objektif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi. Teknik analisis data yang peneliti lakukan menggunakan versi Miles dan Huberman (1992:15). Meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah Zizi Siregar selaku barista sekaligus owner kedai kopi san san. Adapun hasil dari penelitian ini merupakan strategi komunikasi persuasif yang di lakukan barista kedai kopi san san efektif dalam menarik minat pelanggan. Terdapat tiga komponen dalam penerapan strategi komunikasi persuasif kedai kopi san san, yakni strategi psikodinamika dalam strategi ini secara nyata ditunjukan dengan tindakan barista melakukan proses persuasi kepada pelanggan melalui aspek psikologis pelanggan, dimana barista membangun hubungan yang hangat melalui komunikasi yang intens. Sosiokultural, aspek ini digunakan barista dalam melakukan proses persuasi melalui faktor lingkungan atau faktor eksternal dimana barista memanfaatkan hubungan pertemanan agar turut serta menyebarkan informasi berupa edukasi dan rekomendasi kepada seluruh pelanggan. The meaning construction, aspek ini barista melakukan persuasi pada pelanggan dengan memanipulasi suatu makna dengan tujuan memudahkan pelanggan dalam memahami pesan yang di sampaikan berupa edukasi seputar pengetahuan di industri kopi. en_US
dc.subject Komunikasi Persuasif en_US
dc.subject Kedai Kopi en_US
dc.subject Minat Pelanggan en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KEDAI KOPI SAN SAN DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account