Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari
customer relationship management terhadap loyalitas nasabah. Adapun populasi
dari penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT El-Munawar Medan berjumlah
2050 nasabah. Sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental
sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan
bertemu dan anggota sampel yang diambil tidak direncanakan terlebih dahulu
didapatkan atau dijumpai secara tiba-tiba dan jumlah sampel yang diteliti
sebanyak 25 responden. Teknik analisa data menggunakan uji kualitas data, uji
reliabilitas data, uji regresi sederhana dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian maka
dapat diambil kesimpulan bahwa Customer Relationship Management
berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Nasabah hal ini didasarkan pada
hasil Uji thitung 18,806 > ttabel 2.068 dengan probabilitas sig. 0,000 ≤ 0,05
menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi nilai R
Square 0,939 atau 93,9% menunjukkan sekitar 93,9% variabel Loyalitas Nasabah
(Y) dipengaruhi oleh Customer Relationship Management (X). Sementara sisanya
sebesar 6,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel Customer
Relationship Management mempunyai pengaruh positif sebesar 93,9% terhadap
Loyalitas Nasabah pada BMT El-Munawar Medan.