Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran dengan
konsep 7P (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik)
berdasarkan tanggapan konsumen dan bagaimana faktor kendala dan solusi yang
dihadapi Kopi Chuseyo Kota Medan.
Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yaitu penentuan sampel
dilakukan dengan populasi penelitian pemilik dan konsumen Kopi Chuseyo Kota
Medan dengan rata-rata konsumen menggunakan rumus slovin berjumlah 60
orang. Selanjutnya sampel yang diambil menggunakan teknik insidental sampling.
Data dikumpulkan dengan kuesioner dengan wawancara sebagai data pendukung.
Uji validitas instrumen dihitung dengan menggunakan Product moment dengan
nilai tertinggi adalah 1,0 dan terendah adalah 0,710 dan uji reliabilitas instrumen
dengan rumus Cronbach’s Alpha dihasilkan r hitung 0,808. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada bauran pemasaran aspek product
dengan rata-rata 3,3 dalam kategori baik. Aspek price dengan rata-rata 3,25
dalam kategori baik. Aspek place dengan dengan rata-rata 3 dalam kategori baik.
Aspek promotion dengan rata-rata 3,2 dalam kategori baik. Aspek people dengan
rata-rata 3,34 dalam kategori baik. Aspek process dengan rata-rata 3,4 dalam
kategori baik. Aspek physical evidence dengan rata-rata 3,3 dalam kategori baik.
Di semua aspek strategi marketing mix bahwa keseluruhan yang didapatkan yaitu
dalam kategori baik.