Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis SWOT (Strengths,
Weaknesses, Opportunities, and Threats.) PT. BPRS AL-Washliyah dan untuk
mencari tahu strategi digitalisasi yang tepat Pada PT. BPRS AL-Washliyah.
Digitalisasi adalah suatu teknologi yang berbentuk modernisasi atau pembaharuan
yang mampu melakukan penyimpanan menghasilkan dan memperoleh berbagai
data yang mana sering dihubungkan dengan internet dan teknologi komputer,
untuk suatu perubahan cara lama menjadi cara baru yang lebih efisien
penggunaannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis
deskriptif, Matriks SWOT, dengan menggunakan Matriks Evaluasi Faktor
Eksternal (Eksternal Factor Evaluation- EFE Matrix), Matriks Evaluasi Faktor
Internal (Internal Factor Evaluasion-IFE Matrix.)
Penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan Wawancara
secara langsung dengan Kepala Grup Operasional PT. BPRS AL-Washliyah, dan
dalam penelitian sekunder yaitu dengan jurnal-jurnal dan artikel penelitian
terdahulu, serta kepustakaan yang mendukung relevansi penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini PT. BPRS AL-Washliyah
mempunyai loyalitas pelanggan dan nilai tertimbang Matrix Internal Factor
Evaluasion (IFE Matrix) adalah 2,29 yang mengindikasikan bahwa posisi PT.
BPRS AL-Washliyah memiliki posisi internal yang cukup kuat. Sedangkan nilai
tertimbang Matrix Eksternal Factor Evaluasion (EFE Matrix) adalah 3,03 yang
mengindikasikan bahwa PT. BPRS AL-Washliyah dalam menghadapi dinamika
lingkungan eksternal posisi perusahaan relatife kuat.