Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pemahaman
investasi berpengaruh terhadap keputusan investasi serta untuk mengetahui
Apakah pemahaman investasi pengaruh terhadap keputusan investasi yang di
moderasi oleh media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS)
menggunakan SPSS 26. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa
kepahaman investasi (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
investasi (Y) Mahasiswa Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara Fakultas
Ekonomi dan Bisnis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat investasi
dapat menjadi penghubung antara pengetahuan investasi yang dalam hal ini
merupakan faktor latar belakang informasi atau knowledge yang dapat
mempengaruhi tindakan atau perilaku seseorang yang mana adalah keputusan
investasi. Pada variabel moderasi memiliki nilai signifikan yang lebih besar dari
hal ini menyatakan bahwa media sosial tidak dapat memoderasi variabel
pemahaman investasi terhadap keputusan investasi.