Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar buram di
Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai melalui a
pendekatan struktur perilaku dan kinerja pasar serta untuk menentukan
pemasaran buram di Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan, Serdang Bedagai
Daerah. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sukasari,
Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian ini menggunakan
metode sampling bola salju. Snowball sampling adalah metode pengambilan sampel di mana
unit sampling dipilih atau ditentukan berdasarkan informasi dari sebelumnya
responden. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 produsen, 8 pengepul, dan 7
pengecer. Metode penelitian yang digunakan adalah struktur pasar yang dianalisis dengan
pangsa pasar, konsentrasi pasar, hambatan masuk dan keluar pasar dan pasar
tipe: perilaku pasar yang dianalisis dengan 7P yaitu Product, price place,
Promosi, Proses, Orang, serta Bukti Fisik dan dianalisis
kinerja pemasaran. dengan margin pemasaran, bagian petani, dan pemasaran
efisiensi. Hasilnya menunjukkan bahwa pasar adalah oligopoli, produsen adalah harga
pengambil. Margin pemasaran ini adalah Rp. 2.000. Bagian petani (bagian
diterima produsen) sebesar 53,33%. Efisiensi pemasaran adalah 2%.