Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh
biaya produksi, terhadap penjualan, pengaruh biaya pemasaran terhadap penjualan
, dan pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap penjualan pada
perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) Periode 2019-2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan purposive rumus berjumlah 14 perusahaan sub
sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan data skunder. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji t
dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengelolaan data dalam penelitian ini
menggunakan program Software SPSS 24. Hasil penelitian ini membuktikan
bahwa biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap penjualan, biaya
pemasaran berpengaruh signifikan terhadap penjualan , Dan biaya produksi dan
biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap penjualan.