Abstract:
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakngkan oleh selain menerapkan
pelayanan yang terbaik, Bank Muamalat Balaikota Medan selalu berupaya untuk
memberikan produk yang berkualitas dan unggul dibandingkan produk yang
dimiliki bank-bank lain sebagai pesaingnya. Keunggulan produk diciptakan Bank
Muamalat Balaikota Medan tersebut. Kualitas pelayanan dan kualitas keunggulan
produk bagi nasabah dapat mempengaruhi kepuasan nasabah, dalam jangka
panjang kepuasan pelanggan dapat dijadikan tujuan utama bagi perencana strategi
pemasaran di perbankan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data
primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah disii oleh nasabah Bank
Mumalat Balaikota Medan yang menjadi sampel penelitian. Jumlah sampel dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah T hitung > T tabel sebesar -6,723 > 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa
variabel pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah,hasil nilai T
hitung > T tabel sebesar 13,324 > 2,021 sehingga dapat di simpulkan bahwa variabel
keunggulan produk berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, kepuasan
nasabah Uji Fhitung menunjujkkan bahwa pelayanan dan keunggulan produk secara
bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah Fhitung > Ftabel sebesar 107,897 >
3,22 dan F hitung > F tabel nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.