Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk yang pertama, untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap pembelian minuman
kopi di Aceh Corner Jalan Slamet Ketaren Komplek MMTC. Kedua, Untuk
mengetahui proses pengolahan kopi di Aceh Corner Jalan Slamet Ketaren
Komplek MMTC. Ketiga, Untuk mengetahui berapa besar pendapatan penjualan
kopi di Aceh Corner Jalan Slamet Ketaren Komplek MMTC. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus (Case study). Metode
yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu metode snowball sampling, yaitu
menentukan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian membesar, ibarat
bola salju yang menggelinding lama-lama menjadi besar. Hasil penelitian dapat
disimpulkan faktor yang mempengaruhi minat konsumen ke coffee shop Aceh
Corner yaitu Rasa Kopi dan Kualitas Pelayanan. Ada 4 varian menu kopi terbaik
(best seller) di Aceh Corner yaitu: Sanger Panas, Sanger Mini, Sanger Dingin dan
Ulee Kareng Panas. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak Aceh Corner
terkhusus kepada baristanya, telah diketahui bagaimana proses pengolahan kopi di
Aceh Corner. Langkah-langkahnya relatif sama pada 4 varian kopi tersebut.
Namun, yang membedakannya adalah ukuran gelasnya, penggunaan susu,
penggunaan gula dan es batu pada setiap penyajian kopi. Hanya dari penjualan 4
varian menu kopi favorit, coffee shop Aceh Corner memperoleh pendapatan rata rata sebesar Rp.17.870.000/bulan dengan pendapatan rata-rata untuk setiap
harinya sebesar Rp.595.666/hari. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh nilai
R/C sebesar 1,41, lebih besar dari 1 yang berarti usaha coffee shop Aceh Corner
layak diusahakan.