Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan
konsumen terhadap pelaksanaan akad salam di Toko Salamah dan Untuk
mengetahui mekanisme akad salam pada transaksi jual beli di Toko
Salamah.pendekatan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian
kualitiatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawanara, dan dokumentasi.sedangkan analisis data dalam penelitian
ini menggunakan cara reduksi data. Teknik keabsahan data menggunakan metode
trianggulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa
Konsumen di Toko Salamah banyak yang tidak mengetahui istilah akad salam
akan tetapi Konsumen paham dengan sistem akad salam karena konsumen sudah
familiar dengan istilah pre-order yang memiliki sistem serupa.Implementasi akad
salamdi Toko Salamah sudah benar dan sesuai dengan syariah. Mekanisme akad
salamdi Toko Salamah yaitu pembeli memesan barang kepada penjual.
Selanjutnya penjual memastikan barang tersedia di grosir.Selanjutnya pembeli
melakukan pembayaran secara lunas.Penjual memesan barang kepada grosir dan
melakukan pembayaran.Selanjutnya barang dikirim dari grosir kepada
penjual.Pembeli datang mengambil barang kepada penjual dalam waktu yang
sudah ditentukan.