Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1), Untuk menganalisis bagaimana
karakteristik konsumen dalam pembelian Andaliman. 2), Untuk menganalisis
pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi terhadap keputusan pembelian
Andaliman di Berastagi Supermarket Medan. Penetuan lokasi penelitian
dilakukan dengan sengaja (purposive). Metode pengambilan sampel yang
dilakukan adalah metode accidental sampling dengan jumblah sebanyak 30 orang
responden. Rumusan masalah yang pertama menggunakan analisis deskriptif.
Untuk identifikasi masalah 2 dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan
data yang ada pada kuesioner penelitian.
Konsumen andaliman di brastagi supermarket adalah mayoritas
perempuan dengan total responden sebanyak 27 orang (90%), dengan rentang usia
31-46 tahun yaitu sebanyak 16 orang (53,33%), jenjang pendidikan yang
ditempuh yaitu S1/diploma sebanyak 18 orang (60%). Pendapatan responden
yaitu >Rp 5.100.000 sebanyak 17 orang (56, 67%). konsumen pada umumnya
adalah ibu rumah tangga sebanyak 15 orang (50%). Dari 4 faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian variabel yang
memiliki skor tertinggi yaitu factor Budaya sebesar 4,15, sedangkan untuk
variabel yang memiliki skor terendah yaitu factor sosial sebesar 3,89, jadi dapat
disimpulkan bahwa secara keseluruhan faktor budaya, lingkungan, individu dan
pisikologi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian andaliman di brastagi supermarket.