Abstract:
Kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut dan semakin merasa puas. Dalam proses kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya harga dan promosi. Menjalankan sebuah bisnis jual beli produk atau jasa tidak akan terlepas dari permasalahan harga dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa Corner Laundry di kota Medan Hasil analisis dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa Uji F yang dilakukan menunjukkan bahwa F sebesar 45,868 dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan Ftabel diperoleh nilai 2,85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam analisis tersebut terima H3, artinya harga dan promosi berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan pelanggan Corner Laundry Kota Medan. Koefisien determinasi R Square sebesar 0,713 dimana mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 71,3%, sedangkan sisanya 28,7 % dipengaruhi oleh variabel lain.